Kenali Berbagai Cara Melakukan Troubleshooting Masalah Outlook Express

Kenali Berbagai Cara Melakukan Troubleshooting Masalah Outlook Express

Kenali Berbagai Cara Melakukan Troubleshooting Masalah Outlook Express – Bagi para pekerja di era digital seperti sekarang ini pasti sudah tidak asing lagi dengan Outlook Express (OE). Ya, program versi sederhana dari Outlook besutan Microsoft ini diciptakan untuk mempermudah pengguna dalam mengatur informasi pribadi yang diperoleh melalui Microsoft Office. Umumnya, program tersebut digunakan untuk mengirim dan menerima surat elektronik atau email. Namun, program tersebut memiliki ciri khas yang membedakan dengan program pengiriman surat elektronik lainnya seperti kotak surat elektronik, kalender, memo, jurnal dan sebagainya. Bahkan, berbagai fitur Outlook Express (OE) dapat difungsikan secara bebarengan ketika dikombinasikan dengan berbagai program Microsoft lainnya seperti Microsoft Exchange Server. Tak heran jika banyak perusahaan besar seperti Pertamina, Sbobet, Telkom, Sampoerna, dan perusahaan lainnya yang masih membutuhkan program tersebut untuk meningkatkan produktifitas para pekerjanya melalui pertukaran informasi surat elektronik atau email yang berkualitas.

Hingga saat ini, terdapat setidaknya 2 jenis Outlook yang banyak digunakan oleh perusahaan yaitu Microsoft Outlook Express dan Micosoft Outlook. Nah, untuk Outlook Express (OE) sendiri merupakan versi mini dari Outlook yang hadir pertama kali pada saat peluncuran Windows 98. Program tersebut nantinya akan terinstal secara otomatis apabila komputer menggunakan sistem operasi Windows 98 hingga Windows XP. Lain halnya dengan Microsoft Outlook yang hadir dengan tampilan baru dan lebih fungsional. Pasalnya, program tersebut tidak hanya dapat dioperasikan melalui perangkat komputer saja. Melainkan juga bisa dioperasikan pada berbagai perangkat yang memiliki sistem operasi windows seperti gadget dan smartphone. Meskipun demikian, kedua program memiliki fungsi yang relatif sama yaitu memanajemen surat elektronik atau email dengan baik. Selain itu, kedua program Outlook tersebut juga membantu para pengguna dalam menyusun rencana atau jadwal suatu agenda.

Meskipun program Outlook Express diciptakan untuk membantu pengguna dalam memanajemen kotak surat elektronik atau email, bukan berarti penggunaan program tersebut tanpa kendala (trouble). Tak sedikit pengguna yang mengalami kebingungan ketika program yang digunakannya mengalami kendala. Padahal, kendala tersebut dapat dengan mudah teratasi apabila pengguna memahami penyebab dari kendala tersebut. Salah satu kendala yang sering dialami oleh pengguna Outlook Express adalah kegagalan pengiriman surat. Ya, troubleshoot tersebut sering muncul karena berbagai sebab. Oleh sebab itu, penggua diharuskan untuk mengidentifikasi penyebabnya terlebih dahulu berdasarkan error code yang muncul. Sebagai contoh apabila pengguna mendapatkan code error bertuliskan 0x800CCC03 dengan keterangan User Already Connected. Kode tersebut disebabkan oleh beberapa kemungkinan yaitu pengguna telah login pada komputer lain sebelumnya atau koneksi yang tiba-tiba terputus.

Outlook Express Error 0x800CCC03

Ketika pengguna telah berhasil mengidentifikasi penyebab terjadinya masalah melalui Troubleshooting Outlook Express berdasarkan error code maka dapat melanjutkannya dengan pemecahan masalah. Apabila pengiriman surat elektronik atau email terkendala karena pengguna telah melakukan login di perangkat yang lain maka dapat diatasi dengan mematikan koneksi pada perangkat yang digunakan sebelumnya dan tunggu prosesnya 20 sampai 30 menit untuk mencoba pengiriman ulang. Sedangkan, apabila pada Troubleshooting, masalah disebabkan oleh koneksi yang tiba-tiba terputus maka dapat diatasi dengan menutup programnya terlebih dahulu. Pengguna dapat melanjutkannya dengan menyambungkan kembali koneksi ke dalam perangkat yang digunakan. Ketika koneksi telah terhubung kembali maka buka aplikasi dan tunggu dalam beberapa menit untuk memulai pengiriman ulang. Oleh sebab itu, pastikan pengguna Outlook Express memahami penyebab masalah beserta mekanisme Troubleshooting cara mengatasinya agar proses manajemen email masuk maupun keluar dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *